Tentang Orisinalitas: Je Est Un Autre

Ini kata Lewis Hyde tentang orisinalitas:

“Dylan writes of reading Rimbaud’s line, Je est un autre, which translates into ‘I is someone else’. When I read those words, the bells went off. It made perfect sense. I wished someone would have mentioned that to me earlier.”

Tentang Orisinalitas: Saya adalah Orang Lain | Controversy

 

 

 

 

 

 

 

Lalu dia jelasin lebih jauh:

“This is the Rimbaud-Dylan version of Isaac Newton’s line: If I have seen farther it is by standing on the shoulders of giants. Dylan seems to me to be saying, ‘If I am anything, it is because I have allowed others to inhabit me.’ All great artists who live and work in the cultural commons might take that as their motto: Je est un autre.”

Dulu, pas masih ngeband, gue sering berdebat ama gitaris gue. Dia adalah pendukung orisinalitas murni, sedangkan gue pendukung orisinalitas mata rantai. Maksudnya, orisinalitas yang merupakan kelanjutan dari ide-ide kreatif orang-orang sebelum gue.

Dia tau musisi-musisi kesukaan gue dan dia bilang beberapa lagu gue kedengeran terpengaruh oleh mereka. Gue nggak keberatan dibilang gitu karena itu emang bener. Tapi, sebagai anggota band yang sama, dia keberatan. Dia bilang itu nggak orisinal. Gue bales, ya udah, kasih denger lagu-lagu lo.

Begitu dia kasih denger, lagu-lagu dia juga kedengeran terpengaruh oleh musisi-musisi kesukaannya (walaupun dia nggak mau ngakuin itu). Dia bilang itu keluar dari dalam diri dia. Masalahnya, diri dia—juga diri kita semua—adalah hasil pembelajaran dari orang-orang dan segala sesuatu yang ada sebelum kita. Pada dasarnya, emang nggak ada satu pun pribadi yang sepenuhnya orisinal di dunia ini.

Kadang kita, para kreator, berpikir bahwa kita punya ide-ide istimewa, bahwa kita mampu ciptain sesuatu yang unik, beda, dan sepenuhnya orisinal. Tentu saja itu nggak bener. Itu fantasi orang-orang yang jiwa seninya udah sampe tahap naif. Poin gue cuma satu: sebelum kita berhenti bohongin diri sendiri dan bersikap lebih realistis, nggak akan ada karya bagus lahir dari diri kita.

 

Gambar diambil dari sini.

LinkedInShare

4 comments

  1. diri dia—juga diri kita semua—adalah hasil pembelajaran dari orang-orang dan segala sesuatu yang ada sebelum kita. Pada dasarnya, emang nggak ada satu pun pribadi yang sepenuhnya orisinal di dunia ini

    nah nah itu saya setuju, orisinalitas toh tak cuma berpatokan pada hal-hal yang bener-benar baru sebaru-barunya, perspektif ttg orisinalitas diatas itu boleh jd patokan menurutku

  2. Banyak orang yang kayak gitaris kamu itu, ngakunya original, padahal kan terinspirasi dari karya orang lain.. Ngga seutuhnya murni dongs. Lagian kalok sesuatu tentang karya seni, aku ngga percaya ada yang bener-bener originil 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *