Semua Mungkin dengan Jamming Econo

Pada tulisan sebelumnya, gue bahas tentang pentingnya penulis (dan pekerja seni secara umum, terutama yang indie, atau yang gagal ngepop terus ngaku-ngaku indie) untuk merancang model bisnis yang tepat dan masuk akal. Tapi sering kali, sehebat apa pun model bisnis kita, tetep susah buat bikin duit yang mencukupi. Ada banyak hal yang bisa dilakuin untuk nyiasatin itu, tapi gue cuma mau bahas satu, taktik kesukaan gue: jamming econo.

Semua Mungkin dengan Jamming Econo | Controversy

Ada banyak variasi terkait definisi jamming econo, tapi sebenernya intinya cuma gini: hidup seirit-iritnya dan menerima batasan-batasan lo. Dalam buku Our Band Could Be Your Life: Scenes from the American Indie Underground 1981-1991 karya Michael Azerrad, gini penjabaran jamming econo:

Corporate rock was about living large; indie was about living realistically and being proud of it. Indie bands didn’t need million-dollar promotional budgets and multiple costume changes. All they needed was to believe in themselves and for a few other people to believe in them, too. You didn’t need some big corporation to fund you, or even verify that you were any good. It was about viewing as a virtue what most saw as a limitation.

Band The Minutemen memperluas penjabaran itu:

The Minutemen called it ‘jamming econo’. And not only could you jam econo with your rock group—you could jam econo on your job, in your buying habits, in your whole way of living. You could take this particular approach to music and apply it to just about anything else you wanted to. You could be beholden only to yourself and the values and people you respected. You could take charge of your own existence.

Di Amerika ada band indie keren bernama Deerhoof. Ed Rodriguez, gitaris mereka, bikin satu artikel dan bilang gini di salah satu paragraf:

We survive by not further dividing an already tiny pie into even tinier pieces. We have no manager. Each of us in the band takes on specific duties. I book hotels and find the cheapest, cleanest places. Each of us has spent over a decade sleeping on people’s floors. Our guitarist John books rental vehicles, drives and calls venues before shows to check that everything is going as planned. Our drummer Greg makes sure the club’s lighting is done how we’d like and is the front line for correspondence with the public and our label. Our singer-bassist Satomi books flights and does the accounting. The many other jobs we handle as a team. And people are still shocked when they see us working our own merch table.

Itu jamming econo banget, meski juga terdengar seperti DIY. Tapi tentu saja dua hal itu berkaitan erat. Lo nggak mungkin jamming econo kalo males dan bayar orang buat lakuin hal-hal yang bisa lo lakuin sendiri.

Itu salah satu taktik bertahan hidup yang bisa diterapkan pekerja seni, termasuk penulis, untuk nyiasatin pendapatan yang nggak seberapa. Pikir apa pengeluaran-pengeluaran lo yang nggak perlu, gimana lakuin segala sesuatu dengan lebih efisien, gimana mangkas budget untuk ini-itu, dan seterusnya.

Mungkin lo mikir jamming econo hanya bisa diterapin kalo lo belum berkeluarga. Tapi kalo band bisa nerapin itu, kenapa keluarga nggak bisa? Apa bedanya? Justru dengan jamming econo lo bisa bangun gaya hidup yang nggak konsumtif, yang nggak hambur-hamburin uang tanpa ada perlunya.

 

Gambar diambil dari sini.

LinkedInShare

8 comments

  1. the moment i came across your blog i’ve fallen into it! your posts simply re-explain what is in my mind that can’t be explained by my still-learning-yet-patchy writing skill!
    looking forward to reading your next post!

  2. Aku baru tau tentang istilah ini, El.. Aku pikir hebat kalok bisa nerapinnya, apalagi hidup di zaman sekarang, yang apa-apa butuh uang.. Mungkin aku belom bisa sampek ke tahap itu. Tapi kalok ngemat pun masih sekedar.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *